BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Sasaran pendidikan adalah manusia. Pendidikan bermaksud membantu
peserta didik untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi kemanusiaanya. Potensi
kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia. Tugas mendidik hanya
mungkin dilakukan dengan benar dan tepat tujuan, jika pendidikan memiliki ciri
khas yang secara prinsipil berbeda dengan hewan.
Ciri khas manusia yang membedakanya dari hewan terbentuk dari
kumpulan terpadu dari apa yang disebut dengan hakekat menusia. Disebut sifat
hakekat manusia karena secara hakiki sifat tersebut hanya dimiliki oleh manusia
dan tidak terdapat pada hewan. Pemahaman pendidikan terhadap sifat hakekat
manusia akan membentuk peta tentang karakteristik manusia dalam bersikap,
menyusun startegi, metode dan tekhnik serta memilih pendekatan dan orientasi
dalam merancang dan melaksanakan komunikasi dalam interaksi edukatif.
Sebagai pendidik bangsa Indonesia, kita wajib memiliki kejelasan
mengenai hakekat manusia Indonesia seutuhnya. Sehingga dapat dengan tepat
menyusun rancangan dan pelaksaaan usaha kependidikannya. Selain itu, seorang
pendidik juga harus mampu mengembangkan tiap dimensi hakikat manusia, sebagai
pelaksanaan tugas kependidikanya menjadi lebih profesional.
B.
Rumusan Masalah
Dari beberapa uraian latar belakang
diatas, dapat diambil beberapa rumusan masalah antara lain:
1.
Apa yang dimaksud dengan sifat hakikat manusia?
2.
Bagaimana wujud sifat hakikat manusia?
3.
Bagaimana pengembangan wujud sifat hakikat manusia?
C.
Tujuan Penulisan
1.
Tujuan penulisan dari makalah ini yaitu:
2.
Untuk mengenal lebih dalam tentang sifat hakikat manusia.
3.
Untuk mengetahui wujud sifat hakikat manusia.
4.
Untuk memahami pengembangan wujud sifat hakikat manusia
Untuk mendapatkan secara Full, Klik tautan dibawah ini !
Sign up here with your email
ConversionConversion EmoticonEmoticon